Jumat, 05 April 2013

ACE SEKALIGUS PENJAHAT PERANG

Hermann Wilhelm Goring (1893-1946)
ACE SEKALIGUS PENJAHAT PERANG

Hermann Wilhelm Goring
Hermann Goring merupakan pemimpin militer Nazi berpangkat paling tinggi, yakni Reichmarchall. la adalah reichmasrshall sekaligus pemimpin Gestapo, Polisi Rahasia Nazi. Walaupun menjadi ace dan pahlawan bagi Jerman pada Perang Dunia I, akhir hidupnyaterpuruksebagai penjahat perang paling kejam di Jerman. Dalam sejarah hidupnya, ia merupakan seorang yang kontroversial.
Goring dilahirkan pada 12 Januari 1893 dari keluarga birokrat tulen. Bapaknya adalah seorang ahli hukum dan birokrat di Rosenheim, Bavaria. Karena orang tuanyatidak mempercayai pendidikan umum di Bavaria, Goring mendapat pendidikan privat sebelum masuk ke akademi militer di Karlsruhe dan Lichterfelde.
Oleh sejawatnya, Goring yang suka menenteng senjata browning ini dikenal sebagai pria yang sangat glamor. Walaupun terlihat lebih gemuk akibat ketergantungan pada morphin, pemuda Goring sempat dikenal sebagai seorang yang tampan dan atletis.
Sejarah Perang Dunia I mencatatnya sebagai ace Jerman yang telah menjatuhkan 22 pesawat musuh. Keberanian dan kemahirannya di udara itu membuahkan bintang jasa Pour le Me’rite. la kemudian diberi jabatan yang cukup mentereng, yakni sebagai komandan JagdgeschwaderFreiherr von Richthofen (Jasta 11), skuadron tempur Jerman. Pasca PD I, ia sempat bekerja di pabrik pesawat Fokker. Walau demikian ia masih terlibat dalam pasukan perdamaian di Jerman.
Karir politik Goring diawali ketika ia masuk menjadi anggota Partai Nazi pada 1922.1a langsung mengambil alih kepemimpinan SA dan bercokol di sini hingga berpangkat Letnan Jenderal. Selanjutnya, ia menjadi anggota Reichstag (parlemen) sejak 1928 dan menjadi pemimpin parlemen pada periode 1932-1933. Kecakapan dalam bidang militer dan kedekatannya dengan Hitler membuat Goring dianugerahi pangkat paling tinggi dalam militer Jerman, yaitu sebagai Reichmarshall.
Dalam Perang Dunia II, ia dianggap sebagai salah satu pencetus penyerangan terhadap Inggris dalam peristiwayang dikenal sebagai Battle of Britain. Namun akibat peristiwa itu pula, kepopulerannya dalam elite Nazi merosot. Apalagi ketika luftwaffe atau Angkatan Udara Jerman gagal menyerang Russia. Gaya hidupnya yang glamour dalam kondisi yang sulit juga membuat banyakorang sebal. Oleh musuh-musuhnya, Goring dikenal sebagai perusak dan penyerobot karya-karya seniterkemuka di Eropa, terutama dari daerah-daerah yang didudukinya.
Kedekatan hubungannya dengan Hitler juga naik turun. Goring tercatat sebagai satu-satunya petinggi Nazi pemilik medali Grand Cross of the Iron Cross, yang disematkan sendiri oleh Hitler atas kecemerlangannya memimpin pendudukan ke Prancis dan negara-negara sekitarnya. la juga dipercaya membentuk pasukan khusus yang dinamai Divisi Hermann Goring. Dan menjadi komandan Forschungsamt (FA), pasukan intelijen yang bertugas mengawasi dan menyadap lalu lalang informasi melalui telepon dan gelombang radio.
la juga dikenal sebagai pemimpin Nazi tertinggi yang ikut melegitimasi final solution of the Jewish question, sebuah rencana pemusnahan massal bagi kaum Yahudi yang saat itu dicap sebagai pengacau dan pembangkrut ekonomi dunia.
Posisinya yang paling krusial adalah ketika ia diangkat sebagai komandan Gestapo, polisi rahasia Nazi yang terkenal kejam. Goring dikenal sebagai komandan Gestapoyang paling suksesyang berhasil membawa gestapo menjadi “polisi politik” bagi Nazi.
Namun demikian, sebuah peristiwa tiba-tiba membuat Hitler mencabut semua kepercayaan itu dan berubah menjadi amat membencinya. la dianggap sebagai pengkianat dan diusir dari segala urusan partai Nazi. Peristiwa itu adalah ketika ia bersamasama Heinrich Himmler, pada saat-saat terakhir perang, bernegoisasi dengan musuh tanpa sepengetahuan Hitler.
Goring ditangkap pasukan Sekutu di Austria pada 8 Mei 1945.1a merupakan seorang pemimpin tertinggi Nazi yang tertangkap dan sempat diadili di pengadilan perang di Nuremberg. Namun beberapa jam sebelum vonis mati dijatuhkan, ia keburu menenggak sebuah pil sianida di dalam selnya. Mayatnya dikremasi dan abunya dilarung di sungai Isar. (gat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar