Jumat, 05 April 2013

Lance Corporal Rambahadur Limbu

Lance Corporal Rambahadur Limbu


Lance Corporal Rambahadur Limbu
Rambahadur Limbu dilahirkan pada 8 Juli 1939 di desa Chyanthapu, wilayah Yangrop Thum, Limbuwan di Nepal Timur. Pengabdiannya dan kegigihannya untuk menyelamatkan rekan-rekannya yang terluka adalah tipikal seorang Gurkha, yang melakukannya tanpa pamrih. Jadi ketika Ratu Elizabeth II menganugerahinya Victoria Cross di Istana Buckingham, LCpI Rambahadur Limbu justru terkejut menyaksikan sambutan publik Inggris yang begitu meriah pada pahlawannya.
Saat ia dibawa berkunjung ke London Stock Exchange pada jam pembukaan perdagangan, seluruh pialang disana menyambutnya dengan standing ovation selama tiga menit penuh dan tiga cheers. Sayangnya, di batik seluruh kegembiraan itu tersimpan kesedihan pribadi. Tepat di had penganugerahan medali VC, istri Rambahadur Limbu meninggal dunia karena sakit.
Pada saat Rambahadur Limbu pulang ke Nepal untuk menghadiri upacara kremasi istrinya, medali VC-nya yang tersimpan di tas malah dicuri saat perjalanan di kereta. Untunglah Inggris mau memberikan medali pengganti. LCpI. Rambahadur Limbu melanjutkan kariernya di AD Inggris sampai pensiun dengan pangkat kehormatan Kapten. Putranya melanjutkan tradisi pengabdian dalam gurkha, dan sekarang menjabat sebagai sersan di Gurkha Regiment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar