Jumat, 05 April 2013

Kenapa Harus Gerenimo?

Kenapa Harus Gerenimo?


Layaknya operasi dan target intelijen, pemberian sandi nama merupakan hal yang standar — kalau tidak mau dibilang penting. Menyangkut nama operasi rahasia untuk membunuh Osama, ada sedikit perdebatan. Awalnya, operasi ini dilaporkan media sebagai Operation Geronimo. Namun kemudian menjadi Operation Neptune Spear. Operation Geronimo, karena Geronimo merupakan kode yang digunakan untuk menyebut Osama bin Laden.
Geronimo diambil dari nama pemimpin bangsa Indian suku Chiricahua Apache yang menentang pemerintah Amerika dan berhasil meloloskan diri dari tangkapan pemerintah hingga menjadi buronan. Takseperti Osama, Geronimo tidaksampai dibunuh oleh serdadu Amerika. Menurut sebagian pengamat nama Geronimo diambil karena seperti Geronimo, Osama sukses jadi buronan selama bertahun-tahun.
Saat Osama tewas, laporan yang masuk pun berupa kode “Geronimo E-KIA”, yang berarti misi berakhir dengan tewasnya musuh (Enemy Killed in Action).
Meskipun bisa dicari alasan logis untuk menggunakan nama Geronimo sebagai kode untuk menyebut Osama, kenyataannya penggunaan nama ini menimbulkan reaksi negatif dari pihak suku asli Amerika. Salah sate alasannya, penggunaan nama ini sama artinya dengan menunjukkan bahwa di benak bangsa Amerika, bangsa Indian adalah musuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar